Senin, 06 Mei 2013

Produsen Dodol Garut Gencar Memproduksi Dodol Buah

Kamis, 15 November 2012 - 10:13:09 WIB
artikel-bisnis Produsen Dodol Garut Gencar Memproduksi Dodol Buah
Diposting oleh : arnandadanu    - Dibaca: 621 kali

dodol_garut
Selama ini, Kabupaten Garut, Jawa Barat sangat identik dengan camilan dodol. Daerah ini sudah dikenal luas sebagai penghasil dodol sejak tahun 1962.

Sebagian besar produsen dodol garut melanjutkan usaha yang sudah dirintis orangtuanya sejak lama. Selain itu, banyak juga pemain baru yang berkecimpung di bisnis ini.

Alhasil, persaingan bisnis dodol garut kini semakin ketat. Di tengah ketatnya persaingan, kini mereka berlomba menawarkan dodol dengan pelbagai pilihan rasa.

Seperti yang dilakukan Haji Mimin, salah seorang produsen dodol asal Desa Bojong Salam, Garut. Di tengah persaingan yang ketat ia kini rajin melakukan inovasi.

Belakangan, ia fokus memproduksi dodol yang terbuat dari buah-buahan, seperti, nanas, tomat, durian, dan sirsak. Selain itu, ada juga dodol rasa rujak. "Aga bisa bersaing, sekarang saya fokus memproduksi dodol yang terbuat dari buah," ujar Haji Mimin yang sudah terjun ke bisnis dodol sejak tahun 2000 lalu.

Di wilayah Garut dan sekitarnya, dodol buatan Mimin dibanderol mulai Rp 12.500 - Rp 13.000 per kilogram (kg). Sementara di luar Garut, dijual mulai
Rp 14.000 per kg.

Harga luar kota sedikit mahal karena ada ongkos kirim ke tempat pemesanan. "Harga ini sudah tergolong murah," ujar Mimin. Menurutnya, harga dodol di Garut rata-rata mulai Rp 16.000 - Rp 20.000 per kg.

Kendati demikian, Mimin mengakui, ada produsen yang menjual lebih murah darinya, yakni Rp 10.000 - Rp 11.000 per kg. Menurutnya, itu merupakan salah satu dampak negatif dari ketatnya persaingan bisnis ini. Namun, ia mengaku tidak akan ikut banting harga hingga serendah itu.

Menurutnya, dodol buah produksinya lumayan diminati pasar. Tidak semua produk dodolnya berasa manis. "Ada yang pedas, sedang dan tidak pedas," ujarnya.

Dibantu sekitar 20 orang karyawan, Mimin bisa memproduksi 400 kg-500 kg dodol per hari. Ia mengaku bisa meraup omzet Rp 200 juta per bulan.
Selain Mimin, juga ada beberapa produsen lain yang memproduksi dodol buah.

Ambil contoh Japar. Ia memproduksi dodol  rasa mangga, arbei, stroberi, sirsak, dan nanas. Dodol bikinan Japar ini dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 28.000 per kg. "Biasanya dodol rasa rujak lebih mahal dari dodol rasa buah lain," ujar Japar yang menekuni usaha ini sejak tahun 2005.

Ia sendiri bisa memproduksi 5 kuintal dodol per hari dengan omzet Rp 400 juta per bulan. (*kontan.co.id)

'Produsen Dodol Garut Gencar Memproduksi Dodol Buah':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Pebisnis Mampu Merubah Keadaan yang Lebih Baik Banyak definisi pebisnis atau wirausaha dalam kamus besar Bahasa Indonesia orang yang pandai atau berbakat mengenai produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.” Menurut Paulus ... Artikel Bisnis

  • 5 Saat Tepat Menjual Usaha Anda Sebagai entrepreneur, pikiran untuk menjual bisnis Anda bukanlah sebuah ide yang tidak mungkin terlintas. Sebagian entrepreneur bahkan mendirikan bisnis agar bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi kelak. Meski begitu, ada juga yang lebih suka untuk tetap bekerja dalam bisnis yang ... Artikel Bisnis

  • Melirik Tawaran Kemitraan Martabak Mini Afrika Waka-Waka Martabak merupakan salah satu jenis makanan yang digemari masyarakat. Tak ayal, pedagang martabak mudah ditemui. Poma Indrajaya, merupakan salah satu pebisnis yang sukses terjun di bisnis ini. Dengan mengusung "Martabak Mini Afrika Waka-Waka" Poma mampu menjaring banyak ... Artikel Bisnis

  • 5 Tips Merintis Bisnis Pribadi Tidak puas dengan pekerjaan yang sekarang? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba untuk memulai bisnis sendiri. Jika benar demikian, simak tips bagaimana cara merintis bisnis pribadi selengkapnya seperti yang dilansir dari US News, berikut ini. Tabungan Sebelum merintis bisnis, ada baiknya ... Artikel Bisnis

  • 3 Cara Tangani Gangguan Mendadak dalam Bisnis Dalam dunia masa kini yang akrab dengan krisis, perubahan nilai tukar mata uang dan ancaman teroris serat bencana alam, penting sekali bagi entrepreneur untuk memiliki ketrampilan menghadapi keadaan yang mengganggu jalannya roda bisnis mereka secara parsial atau keseluruhan, dalam ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar