Senin, 04 Februari 2013

Rajai Binis Travel ala Cipaganti

Rajai Binis Travel ala Cipaganti
Diposting oleh : d4nu    - Dibaca: 994 kali


Rencana Cipaganti melakukan go public tidak datang begitu saja. Jalan panjang mewarnai sejumlah aksi korporasi untuk membesarkan perusahaan yang berbasis di Bandung ini.

Berdiri tahun 1985, Cipaganti Group mengawali usaha dari skala rumahan jual beli mobil bekas dengan nama Cipaganti Motor di jalan Cipaganti No 84 Bandung. Seiring permintaan pasar, pada 1991 Cipaganti Rental terbentuk.

Kini, perusahaan yang berencana melepas saham ke publik (IPO) pada semester II/2012 ini memiliki puluhan cabang di kota-kota besar di Jabodetabek dan Bandung.

Cipaganti berencana melepas hingga 40% sahamnya kepada publik. Dalam hitung-hitungan manajemen, perusahaan yang baru-baru ekspansi ke bisnis perumahan menengah atas itu mengincar dana Rp500-750 miliar atas aksi korporasi ini.

Untuk melancarkan IPO, perusahaan yang dipimpin Andianto Setiabudi ini telah memberi mandat kepada PT Batavia Prosperindo Sekuritas Tbk selaku penjamin emisi. “Mudah-mudahan IPO bisa sesuai rencana,” kata Direktur Utama Cipaganti Group, Andianto Setiabudi beberapa waktu lalu.

Cipaganti merupakan salah satu calon emiten yang bisa menyabet perhatian para investor bursa. Selain pertumbuhan kinerja yang mumpuni, Cipaganti tergolong perusahaan yang ekspansif.

Setelah merambah properti, pada 1995, lini bisnis perseroan bertambah ke segmen alat berat  (heavy equipment) dengan menyewakan alat berat untuk sektor konstruksi, infrastruktur, pertambangan, perkebunan, pertanian, hingga kehutanan. Alat yang disewakan mulai excavator, buldozer, loader, hingga dump truck.

Sejak tahun 2004, PT Cipaganti Citra Graha yang memfokuskan pada alat berat membuka kantor cabang di Banjarmasin, Batu Licin (Kalimantan Selatan), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), dan Samarinda (Kalimantan Timur). Prestasi yang cukup membanggakan.

Jika menelisik performa Cipaganti di sektor otomotif yang menjadi cikal bakalnya tidak perlu diragukan. Kini, Cipaganti memiliki 200 kendaraan untuk. travel & shuttle. Armada ini bisa melakukan 231 kali pemberangkatan (PP) atau rata-rata 6 menit sekali atau sebanyak 462 trip perjalanan dengan kapasitas tempat duduk 3900 seat/hari.

Cipagnti juga dilengkapi 24 kantor cabang di wilayah Bandung priangan (Bandung, Cirebon, Tasikmalaya) dan Jabodetabek serta bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, perusahaan juga memiliki bisnis jasa ayanan dokumen, paket & argo, dengan konsep point to point 2,5 jam sampai ke kota tujuan (Bandung - Jakarta via Cipularang), sehingga melengkapi lima unit bisnis yang kini dimiliki perseroan. (Dim)

'Rajai Binis Travel ala Cipaganti':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Biznet Technovillage Siap Tampung Entrepreneur UKM   Ciputra Entrepreneurship News, Cimanggis: Dengan makin mahal dan penuh sesaknya ruang perkantoran dan bisnis di Ibu Kota, sejumlah pihak kini berupaya untuk melirik dan perlahan menyebarkan atau memindahkan kegiatan bisnis mereka di area luar Jakarta. Salah satunya ... Artikel Bisnis

  • Menyiasati Biaya Mudik Lebaran identik dengan perjalanan mudik atau pulang kampung. Banyak warga kota yang berbondong-bondong meningkatkan Ibu Kota tempat mencari nafkah dan memboyong semua keluarga ke kampung halaman. Kejadian unik yang hanya terjadi di Indonesia ini mengakibatkan sepinya ibukota dan ... Artikel Bisnis

  • Wujudkan Keamanan Finansial di Hari Tua Apakah Anda sudah merasa puas dengan kondisi finansial saat ini? Atau malah ingin menambahnya? Banyak orang yang sudah merasa puas dengan kondisi keuangannya saat ini hingga akhirnya lupa untuk menyiapkan dana pensiun. Menurut Don Green, salah satu ahli keuangan internasional, ... Artikel Bisnis

  • Michelle Mone, Desainer Sukses Pemilik Brand "Ultimo" Michelle Mone lahir di tahun 1971 dan tumbuh di East End di Glasgow. Ia meninggalkan sekolah di usia 15 untuk menjadi seorang model tetapi karirnya berakhir setelah ia hamil dengan anak pertamanya dan menikah. Ia kemudian menemukan pekerjaan marketing dengan pembuat bir ... Artikel Bisnis

  • Bakmi GM, dari 5 Meja Jadi 23 Cabang Se-Jabodetabek Siapa yang tak kenal Bakmi Gajah Mada alias Bakmi GM? Terkenal dengan kelezatan, kecepatan layanan, dan keapikan tempatnya. Restoran yang mengandalkan mie ayam spesial pangsit goreng ini memang selalu ramai pengunjung. Di sejumlah mall elit, pengunjung rela antre demi bisa menikmati ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar